KPU Kaur Siap Uji Coba Nasional Situng Tahap Dua

Foto : Kesiapan Situng KPU Kaur yang siap menggelar uji coba nasional tahap dua mendatang ini

KAUR – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kaur sudah benar-benar siap untuk melaksanakan uji coba nasional tahap kedua sistem informasi hitung (Situng) surat suara pemilu serentak tahun 2019. Pasalnya pasca simulasi uji coba nasional tahap pertama, semua proses yang digunakan serta untuk mempelancar proses pelaksanaan situng sudah semakin matang.

Ketua KPU Kaur Meixxy Rismanto,SE melalui Divisi Teknis Irpanadi,S.IKom mengatakan, mulai dari peralatan berupa laptop, serta perlengkalan lainnya yakni scaner dan jaringan termasuk aplikasinya sudah disiapkan. Termasuk juga sumber daya manusia berupa oprator pindai serta oprator entry, verifikator, serta koordinator. Serta didukung beberapa operator entry lainnya yang akan difungsikan untuk membantu proses percepatan entry data formulir model C1 nantinya.

Bahkan dalam ujicoba nasional tahap kedua nantinya akan disaksikan oleh pihak atau instansi stakeholder yang ada di wilayah Kabupaten Kaur. Untuk menyaksikan proses scan dan proses situng hasil rekap surat suara yang dilakukan serentak seluruh daerah.

“Alhamdulillah pasca ujicoba nasional pertama, untuk ujicoba nasional kedua pada 1 April mendatang sudah benar benar siap. Sebab proses ujicoba di awal proses entry dan scan model C1 baik itu untuk pemilihan presiden dan wakil presiden serta DPR,DPD,DPRD provinsi dan DPRD Kabupaten/kota sudah diuji coba cukup cepat,”ujar Irpanadi kemarin.

Menurut Irpanadi, bahwa Formulir model C1yang akan discan dan entry untuk disampaikan ke KPU RI merupakan langsung dari TPS waktu hari pencoblosan dan penghitungan. Nantinya KPU Kaur akan menerapkan strategi agar model C1itu bisa cepat sampai ke KPU melalui PPK dengan cepat. 

“Kita targetkan tetap tercepat seperti pemilu sebelumnya. Beberapa C1 di TPS sulit nanti akan disiapkan PPS yang  mengawal dan mengantarkanya ke PPK. Di PPK akan ada petugas dari KPU yang akan menjemput bola,” terangnya.

Kemudian, potensi hambatan dalam proses situng seperti listrik juga akan dikoordinasikan dengan pihak PLN. Termasuk jaringan disampaikan ke Telkom.

“Mudah mudahan semua tahapan pemilu berjalan dengan baik dan lancar. Tentu didukung semua elemen. Termasuk keamanan di TPS serta hasil rekapitulasi dan logistik akan diminta pengawalan ketat dari aparat,”demikian.(*)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *