KPU Kaur Siap Tetapkan Syarat Calon Perseorangan


KAUR- Komisi Pemilihan Umun Kabupaten Kaur mulai mempersiapkan proses tahapan penetapan syarat minimum dukungan calon perseorangan pada Pilkada serentak Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020.  Bahkan sesuai tahapan di PKPU Nomor 15 tahun 2019 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 akan digelar pada 26 Oktober mendatang ini.

Ketua KPU Kaur, Mexxy Rismanto, SE melalui Divisi Teknis Irpanadi, S.IKom menngatakan bahwa untuk jumlah syarat dukungan sebanyak minimum 10 persen dari jumlah rekapitulasi Daftar pemilih Tetap pemilu terakhir yakni 17 April 2019 lalu. Kemudian untuk sebaranya minimum 50 persen dari jumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Kaur.

Kemudian ada beberapa poin penting mengenai syarat dukungan calon perseorangan harus menjadi perhatian.  Diantaranya yang dinyatakan masuk sebagai syarat dukungan calon apabila menyerahkan Foto Copy KTP Elektronik disertai surat pernyataan dari pemilik KTP sesuai format yang sudah ditetapkan.
Bagi yang tidak melampirkan surat pernyataan dianggap tidak masuk syarat dukungan. Satu orang Pendukung/KTP hanya berlaku untuk satu dukungan pasangan calon. Regulasi itu sesuai Surat Edaran KPU RI Nomor 1917 tentang tahapan pencalonan pemilihan Gubernur Wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati serta walikota dan Wakil Walikota 2020.

” Surat Keterangan (Suket) dari Dukcapil tidak berlaku dijadikan syarat dukungan. Karena dalam regulasi wajib KTP elektronik. Nah bagi yang melakukan manipulasi dukungan akan mendapatkan ancaman pidana sesuai peraturan yang berlaku. Sebab dukungan itu akan dilakukan penelitian administrasi dan verifikasi ”, jelas Irpanadi kemarin.

Menurut Irpan syarat dukungan calon perseorangan  di sampaikan ke KPU pada tanggal 11 Desember 2019. Kemudian akan dilakukan proses penelitian administrasi dan verifikasi faktual dilapangan, Kemudian hasilnya akan di tetapkan dan diumumkan sesuai jadwalnya. Nah bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi secara rinci dapat datang ke KPU dan juga bisa didapat di pengumuman website KPU Kaur. Bahkan akan disosialisasikan ke masyarakat baik melalui media cetak dan elektronik.

“Alhamdulillah untuk persiapan penetapan syarat minimum dukungan calon perseorangan sudah siap. Sebab data hasil rekap DPT pemilu terakhir sudah ada. Yang memenuhi syarat nantinya akan diumumkan dan ditetapkan pada 8 Juli. Sebab untuk pasangan calon jalur parpol pendaftaranya dibuka pada 16 Juni. Untuk pencoblosan dilaksanakan pada 23 September 2020 mendatang,” demikian Irpanadi.(x)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *