KPU Kaur Gencar Sosialisasi ke Warga

Foto : kegiatan sosialisai KPU Kaur

KAUR – Untuk meningkatkan partisipasi pemilih, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kaur gencar-gencarnya melakukan sosialiasi ke masyarakat. Mulai dari sosialisasi tentang jenis dan warna surat suara Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, dan DPRD Provinsi serta DPRD Kabupaten/Kota untuk pemilu serentak 2019 ini, juga tata cara pencoblosan. Selain itu juga melakukan sosialisasi tata cara pindah memilih. Targetnya mulai dari masyarakat pemilih pemula, basis perempuan, keluarga, marginal serta berkebutuhan khusus dan disabilitas.

Divisi Teknis KPU Kabupaten Kaur, Irpanadi, S.IKom mengatakan bahwa, sosialiasi langsung dilakukan dengan cara simulasi tata cara pencoblosan. Tujuannya agar masyarkat benar-benar memahami warna surat suara dan jenisnya dan jumlah surat suara yang akan dicoblos pada 17 April 2019 mendatang.

‘’Alhamdulillah proaktif masyarakat untuk mengikuti sosialisasi atau rasa ingin tahu jenis surat suara pemilu Legislatif dan Pilpres kali ini cukup tinggi. Termasuk pemilih melinial yang ada di sekolah-sekolah yang sudah memenuhi syarat untuk memberikan hak pilihnya pada 17 April mendatang juga cukup antusias,’’ kata Irpanadi kemarin (19/2).

Menurut Irpanadi, bahwa KPU Kabupaten Kaur juga terus melayani dan melakukan pendataan bagi masyarakat yang belum masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) tetapi sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik. Termasuk warga yang sudah memenuhi syarat untuk memberikan hak pilihnya melalui penyelenggara tingkat kecamatan dan desa terus didata.

‘’Kita tak ingin ada masyarakat Kabupaten Kaur yang sudah cukup syarat untuk memilih tapi tidak didata. Untuk itu PPK dan PPS diminta melakukan koordinasi dengan Kepala Desa dan Kecamatan agar tidak ada yang tercecer.  Termasuk nanti akan gencar sosialisasi ke desa-desa yang terdiri 195 Desa/Kelurahan yang ada di wilayah 15 kecamatan. Sehingga masyarakat dalam memberikan hak suaranya di 417 Tempat Pemungutan Suara (TPS) nantinya bisa sesuai harapan mencapai target  capaian partisipasi pemilihnya tinggi,’’ demikian Irpanadi.(*) wS�”g

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *