KPU Gelar Bimtek Tungsura Tingkat PPK

Foto : Komisioner KPU Kaur Irpanadi, S.IKom menyampaikan materi sosialisasi Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Suara Pemilu Serentak 2019 di Zalfa Hotel

KAUR – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kaur dua hari terakhir ini menggelar Bimbingan Teknis Penghitungan, Pemungutan dan Rekapitulasi Pemilu serentak 2019 pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR,DPD,DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota. Bimtek yang digelar sejak 21 -22 Maret bertempat di hotel Zalfa Bintuhan diikuti seluruh panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang tersebar di 15 kecamatan se Kabupaten Kaur. 

Ketua KPU Kaur Meixxy Rismanto,SE, melalui Divisi Teknis Irpanadi,S.IKom mengatakan bahwa dalam bimtek juga dilalukan simulasi tata cara pengisian formulir C1. Kemudian pemberian materi tentang tata cara pemungutan dan penghitungan serta rekapitulasi suara. Kemudian tata cara pencoblosan dan jenis surat suara sah dan tidak sah.  Selain itu juga tentang tugas tugas mulai dari penyelenggara  di KPPS serta PPS dan PPK. 

“Kita juga langsung membedah PKPU No 3 tahun 2019 dan PKPU No 4 tahun 2019. Termasuk dengan UU No 7 tahun 2017. Tujuanya agar penyelenggara tingkat kecamatan nantinya dapat melaksanakan proses tahapan pemilu dengan benar dan lancar. Alhamdulillah hasil cukup memuaskan, lantaran hasil persentase setiap kecamatan dalam proses pengisian fomulir C1, serta beberapa formulir lainnya yang akan diisi oleh KPPS dan PPK nantinya mayoritas PPK sudah memahami,” uiar Irpanadi yang menjadi pemateri dari awal dan membuka serta menutup kegiatan kemarin. (22/3).

Lanjut Irpanadi, proses bimtek ini dilakukan secara berjenjang. Setelah tingkat PPK akan dilalukan bimtek ditingkat PPS. Kemudian juga untuk tingkat KPPS. Nantinya khusus untuk bimtek tingkat KPPS akan dilakukan simulasi pencoblosan langsung di satu TPS. 

“Untuk simulasi pengisian C1 tadi kita ambil datanya sebaran DPTb setiap TPS dalam desa di wilayah kecamatan masing-masing. Kemudiaj nantinya untuk simulasi pencoblosan akan diambil dari sampel DPT yang mendekati jumlah DPT terbanyak dalam satu TPS. Kemudian akan diterapkan tugas tugas setiap KPPS,” bebernya yang juga didampingi Sekretaris KPU Kaur Drs. Sunarsan.

Ditambahkannya, pihaknya juga berterimakasih kepada panitia sekretariat KPU Kaur yang sudah memfasilitasi semua tahapan dan kebutuhan selama bimtek. Sehingga membuat peserta nyaman dan fokus dalam mengikuti kegiatan dengan disiplin.

“Ini semua berkat dukungan dan kerja keras serta cepat tanggapnya sekretariat KPU Kaur. Sehinga kegiatan demi kegiatan yang sangat penting menjelang puncak pemilu yang tinggal beberapa hari lagi sampai ke 17 April  dapat sesuai dengan harapan”, demikian.(*)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *